Sabtu, 10 Januari 2009

Keunggulan & Manfaat Serious Game

23.41

Masalah penting mengenai keuntungan yang diputuskan saat serious game mulai digunakan. Meskipun secara umum dianggap meningkatkan bermacam-macam keahlian, mungkin saja didalamnya ada bukti yang hilang yang merupakan acuan penting untuk serious game. Sekolah jurusan per-Gamean masih sedikit, kami sebenarnya tahu sedikit konsekwensi2 bermain game dalam pengertian yang memainkan game. Apa yang benar2 kita tahu bahwa game-game yang menjadi tiruan lingkungan dan system, dsb, membolehkan para pelajar untuk mengalami situasi-situasi yang tidak mungkin dilakukan dalam dunia nyata karena masalah keamanan, ongkos, waktu, dsb. Kita juga tahu bahwa analisis yang telah dilakukan beberapa tahun belakangan ini, secara konsisten menunjukkan bahwa game-game dikembangkan untuk pembelajaran. Pada waktu yang sama terlihat sulit untuk menggambarkan beberapa kesimpulan-kesimpulan perusahaan dari pembelajaran di komputer dan game-game video karena masalah pendapatan.
Menandai game-game dan dampak-dampak yang mungkin terjadi pada para pemain game, dianataranya sejumlah masalah. Dampak-dampak negatif yang mungkin terjadi yaitu: masalah kesehatan (sakit kepala, kelelahan, tidak teraturnya mood, menderita tekanan yang berulang, dsb), masalah psiko-sosial (depresi, masyarakat terasing, kurangnya kebisaan positif terhadap masyarakan pada umumnya, naiknya perjudian, penggantian hubungan masyarakat, dsb) dan efek-efek kekerasan game-game komputer (kebiasaan yang agresif, perkembangan pribadi yang negative, dsb).

Menandai dampak-dampak positif, game dapat mendorong perkembangan sejumlah keahlian yang berbeda, diantaranya : keahlian analitis dan parsial, perhatian visual selektif, dsb, dan bahkan serious game dapat menguntungkan dalam arti mereka memberikan wadah untuk mengurangi rasa frustasi. Pertunjukkan yang lebih baik dari para gamer dihubungkan pada pengalaman persepsi tiga dimensi mereka dari game computer. Sama halnya dalam arsitektur dan desain, game-game komputer dapat digunakan sebagai alat-alat pengembangan kepercayaan diri dan kemampuan siswa dalam lingkup modeling, komposisi desain, dan kreasi bentuk, menganggap bermain dengan model-model tiga dimensi sebagai alat-alat untuk mempertinggi perencanan kota, lebih tepatnya, dapat dikembangkan dengan bermain game-game seperti Tetris.

Lebih jauh keuntungan yang penting dari game-game yaitu mengembangkan self-monitoring, pengenalan dan pemecahan masalah, pembuatan keputusan, memori pendek dan panjang yang lebih baik, dan menaikkan keahlian-keahlian masyarakat seperti kolaborasi, negosiasi dan pembuat keputusan. Contoh : para gamer mengembangkan strategi-strategi pemikiran mereka terhadap lebih pada analogi pemikiran dari pada percobaan pemikiran dan bahwa elemen-elemen game seperti adu skor, naiknya tingkat kesulitan, dan peran telah membuktikan keberhasilan dalam pelatihan hukum. Keuntungan yang lainnya, bahwa game-game dapat menjadi cara yang bagus dalam mengenalkan konsep-konsep baru dan menghubungkan periode sejarah yang berbeda. Dan masih banyak lagi manfaat yang bisa di dapatkan dari pembuatan seriuous game, maupun game-game lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar